468x60 ads

Friday, 19 December 2014

Panduan Cara Install Linux Mint 17 Qiana Lengkap

Panduan Cara Install Linux Mint 17 Qiana - tutorial baru Setelah demikian lama saya tidak hadir dari artikel yang berbau Linux, saat ini saya bakal kembali menulis artikel perihal Linux. Kenapa? Soalnya saya barusan migrasi lagi ke Linux sesudah demikian lama memakai OS Macintosh abal-abal aka Hackintosh. Belum lama ini saya tengah berburu distro yang bakal saya pakai untuk bekerja. Pandangan saya segera tertuju pada Linux Mint 17 Qiana. Argumen saya pilih Linux Mint 17 Qiana ini lantaran pengoperasian gampang serta segera gunakan deh sesudah usai instalasi, hehehe… Di kesempatan ini saya bakal mengulas langkah atau langkah install Linux Mint 17 Qianak eh qisana.

Persiapan Instalasi Linux Mint 17 Qiana 


Memang ada yah yang perlu disediakan? Ya terang ada dong gan, masak hanya modal tubuh sehat doang, Oke, di bawah ini yaitu banyak hal yang perlu disediakan untuk instalasi system operasi Linux Mint 17 Qiana. kalo mau yang asik untuk hacking gunakan backtrack tutornya belajar linux backtrack untuk pemula.


  • DVD Instalasi atau USB installer Linux Mint 17 Qiana 
  • Bila belum mempunyai installer Linux Mint 17 Qiana, dapat download di sini 
  • Computer atau laptop yang bakal diinstal Linux Mint 17 Qiana 
  • Secangkir kopi atau camilan agar tidak ngantuk, hehehe… 
  • Baca juga : Review Kamera Nokia Lumia 625, Berkekuatan 5 Megapiksel 


Langkah Linux Mint 17 Qiana 


Hal pertama yang perlu kita kerjakan yaitu hidupkan laptop atau PC, masuk ke BIOS. Nah sesudah masuk BIOS, atur boot order atau boot priority ke DVD room atau USB, sesuai sama media instalasi yang kita gunakan. Kemudian restart, tancapkan USB installer atau DVD installer Linux Mint 17 Qiana. Tidak lama, kita bakal diantar masuk ke Live CD/Live USB Linux Mint 17 Qiana dengan penampilan desktop seperti dibawah ini.

Panduan Cara Install Linux Mint 17 Qiana




Tentukan bhs yang dikehendaki, jika saya tentukan English saja, lalu click Continue. Butuh di ketahui, Linux Mint 17 Qiana ini tidak nyediain bhs Alay, bhs gaul, atau bhs klingon, jadi tidak usah nyariin deh sampai discroll ke bawah juga Smile with tongue out



Selanjutnya installer Linux Mint 17 Quana ini bakal bertanya apakah Anda bakal menghubungkan ke jaringan wireless atau tak. Jika saya tentukan I don’t want to connect to a wi-fi network right now, click Continue. Soalnya waktu itu tidak ada hotspot gratis yang ketangkep, hehehe



Instaler Linux Mint 17 lalu lakukan penelusuran apakah system telah penuhi prasyarat buat instalasi atau belum, click Continue bila telah penuhi prasyarat.



Selanjutnya yaitu memiilih mode instalasi. Lantaran saya ingin partisi sendiri, tentukan Something else, lalu click Continue. Nah dari mulai sini mesti serius gan, salah-salah dapat hilang seluruhnya data di computer atau laptopnya.



Nah masuk step ini mesti ekstra hati-hati gan. Tentukan partisi yang bakal dipakai untuk instalasi Linux Mint 17 Qiana ini, lalu click Change. Bila belum mempunyai partisi, dapat bikin partisi baru lewat menu create partition. Ada dua partisi yang perlu disediakan, yaitu partisi system serta swap. Pakai file system EXT4 untuk partisi system, beri sinyal teliti pada Format the partition. Di bagian Mount point, tentukan “/”. Lalu click OK



Sedang untuk partisi Swap, tentukan swap ruang di bagian Use as. Sesudah swap ruang diambil, click OK.



Di bagian ini, yakinkan pembagian partisinya telah benar gan. Teliti atau review terlebih dulu, bila meyakini telah benar segera saja click Install Now.



Pada saat sistem instalasi jalan, kita bisa pilih zona saat sesuai sama tempat tunggal kita. Lantaran saya masuk zona saat WIB (Saat Indonesia Barat), jadi saya tentukan kota Jakarta. Lalu click Continue.



Selanjutnya yaitu pilih layout keyboard yang kita gunakan. Keyboard standard sih umumnya tentukan English (US), lalu click Continue.



Masukkan nama, nama computer, username, serta password. Tenang, namanya tidak butuh sama juga dengan yang di KTP, bisa kok pakai nama gaul, hahahaha… Isi komplit form-nya, lalu click Continue.



Sistem instal Linux Mint 17 Qiana tengah jalan.. Tunggulah saja sembari minum kopi atau ngemil-ngemil makanan bekas lebaran dahulu, hehehehe… : mrgreen :



Sistem instalasi ini mengonsumsi saat 5 sampai 30 menit, sesuai sama system yang dipakai.



Installation Complete gan! Click Restart Now. Bila masih tetap mau coba Linux Live-nya, dapat click Continue Testing. Cukup gampang bukanlah Langkah Install Linux Mint 17 Qiana ini? Dengan cara umum memanglah sistem instalasi seluruhnya distro Linux sama. Instalasi pada tutorial kesempatan ini memakai basis GUI (Graphical User Interface). Adapun distro yang instalasinya memakai CLI (Command Line Interface). Nah bila ingin greget serta menantang ya gunakan yang CLI, hehehehe… Hingga disini dahulu menulis kesempatan ini, semoga berguna untuk pembaca seluruhnya

Selain menulis tentang linux saya juga menulis di Lutfi Yusmin - Pakar SEO Tangerang Kota. Sahabat belajar linux bisa ikut membaca artikel tutorial disana, mumpung masih FREE.

3 comments:

monggo yang pengen beli installer linux nya.. :)
5 Linux di Flashdisk 8GB cuma 100K! Ayo, sebelum kehabisan..
https://www.tokopedia.com/jaura/linux-multi-installer-pack

-_- nih gua kasih tinggal download file size 1,62 GB Operating System 64 Bit & 32 bit http://mirrors.kernel.org/linuxmint/stable/17.3/

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More